Cara Tanam Padi Organik HCS

0 1767

Kami akan share cara tanam padi ORGANIK HCS

Ilmu ini kami peroleh dari pelatihan ODIT (one day intensif training) yang di selenggarakan oleh PT.HCS kepada mitra-mitra petani dan peternak seluruh indonesia, pelatihannya gratis  bagi mitra yang sudah tergabung sebagai member HCS.
baik langsung saja simak ulasannya berikut.
 Padi Organik Pola HCS

PENGOLAHAN LAHAN UNTUK MENANAM PADI ORGANIK

  • Bila sawah bekas panen banyak terdapat jerami, jangan dibuang atau dibakar. Ratakan jerami tersebut dan bila perlu semprot dengan SOT (pada sore hari) agar cepat hancur.
    Bahan semprot : untk 1 Tangki +- 14L. SOT 8tutup (+-80ml). Gula 3 sdm (diencerkan). semprot merata ke lahan
  • Sebelum dibajak taburkan BOKASHI HCS secara merata ke seluruh permukaan sawah dengan aturan : 8 kwintal Bokashi HCS/Ha. Namun dosis sebaiknya menjadi 2 ton/Ha bila menggunakan Bokashi non-HCS
  • Bajak sawah seperti yang biasa dilakukan,
  • Bila memungkinkan setelah di bajak disemprot tanah direndam air selama 1 minggu, Setelah 1 minggu (bila terendam biarkan saja karena air justru akan membentu mikroba untuk menyebar)
  • kemudian Ketika ler-leran semprot/Kocor dengan menggunakan PHEFOC dengan dosis : -+2botol PHEFOC/HA,
    Cara semprot : 1.tangki(+-14L) diisi Air .PHEFOC 8 tutup. Gula 3 sdm (diencerkan) dilarutkan dalam air. disemprot ke lahan secara merata.
  • Kemudian genangi sawah dengan air selama7- 10 hari. Ini dilakukan untuk membunuh sisa sisa biji gulma dan jamur yang masih tersisa.
  • berikutnya baru dibikin Ler – leran untuk penanaman padi .
    #Jika memungkinkan Sehari sebelum penanaman, lahan sawah disiram dengan SOT (dosis 8 tutup SOT dalam 15 liter air).
Saya menghimbau agar MENINGGALKAN SELURUH PUPUK KIMIA yang dimiliki karena pupuk tersebut justru akan membunuh mikroorganisme yang ada di tanah.

PERLAKUAN BIBIT UNTUK DI SEMAI

Perendaman dengn PHEFOC dan SOT HCS Bertujuan agar nantinya benih lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit serta dapat tumbuh dengan baik.

  • Buatlah larutan PHEFOC dengan dosis :
    #1 tutup botol PHEFOC dilarutkan ke dalam 5 liter air (1 : 5).
    #Jumlah larutan yang disiapkan sesuaikan saja dengan kebutuhan.
    #Masukkan benih ke dalam larutan, dan biarkan selama 15 menit.Angkat benih dan tiriskan
  • Kemudian buat lagi larutan SOT. dengan dosis
    #1 tutup botol SOT dilarutkan dalam 1 liter air.
    #Biarkan benih terendam selama 24 jam.
    #Benih kemudian ditiriskan kembali. Setelah ditiriskan,
    peram benih (dihamparkan) di atas daun atau koran selama 24 jam. Hal ini bertujuan agar benih dapat tumbuh dengan sempurna dan seragam. Benih yang baik untuk disemai adalah ketika pada benih sudah terdapat bintik pada embrio namun belum tumbuh akar.

PENYEMAIAN BIBIT PADI

  1. buat ler-leran pada lahan untuk persemaian.  kemudian disemprot larutan SOT memakai dosis : 4 – 8 tutup botol SOT dilarutkan dalam 15 liter air.
  2. Tebarkan benih secara merata,untuk menghindari biji padi di makan burung taburkan bhokasi / tanah halus di atas biji padi yang ditebar tadi.
  3. Setelah umur 15 hari sudah bisa di daud maximal 20hr siap di tanam
  4. Cabut benih dan ikat, kemudian masukkan ke dalam larutan SOT dalam bak atau genangan air yang sudah mengandung SOT, dan biarkan akarnya menyerap larutan SOT. Tujuannya adalah agar benih padi tidak mengalami stress dan pada saat mulai ditanam dapat langsung tumbuh hidup

PROSES PENANAMAN PADI ORGANIK POLA HCS

  • Padi ditanam satu batang saja dengan cara akar semai dibenamkan ke dalam tanah sampai kedalaman 2-3 cm dengan posisi akar horizontal seperti huruf ‘L’, hal ini bertujuan untuk memperbanyak peranakan, mempercepat pertumbuhan dan perkembangan akar.
  • Sistem penanaman yang disarankan adalah dengan sistem Jajar Legowo dengan rumus :3 : 1 (25_25_25_40)cm ; 4 : 1 (25_25_25_25_40)cm ; 5 : 1 (25_25_25_25_25_40)cm. Sistem tanam seperti menjaga persaingan mendapatkan energi dari sinar matahari, oksigen dan nutrisi dari tanah.

CARA PEMUPUKAN

  1. Pemupukan usia padi 1 minggu setelah tanam semprot dengan SOT selang satu minggu semprot SOT lagi, dengan takaran 1 tangki 14liter air dicampur SOT 8 tutup.
  2. Seminggu berikutnya semprot dengan PHEFOC dgn takaran sama.
  3. Setelah itu tiap selang 1 minggu semprot SOT dan PHEFOC bergatian.
  4. Penyemprotan dihentikan ketika padi mulai berbunga.
Waktu untuk penyemprotan dilakukan pada sore hari setelah pukul 16.00 WIB atau pagi hari sebelum pukul 07.00 WIB
Agar effektif, arahkan semprotan pada sisi bawah daun karena posisi stomata (mulut daun) berada pada sisi bawah daun

catatan:

  • Pengolahan padi harus dilaksanakan sesuai dengan anjuran agar hal yang diinginkan maximal. contoh : Belum sempat membuat bokasi tetapi benih sudah dengan pola HCS.
  • Memang benih padi tersebut sudah bisa tumbuh dengan baik tetapi belum maximal terutama di hasil panennya.
  • Panen tahun pertama sudah bertambah tetapi belum bagitu nyata perubahanya. Hal tersebut diakibatkan oleh SUDAH BERAPA TAHUN TANAH TERSEBUT DIRACUNI OLEH PUPUK KIMIA?… jadi mikroorganisme yang bekerja, mereka akan memperbaiki struktur tanah yang ada dan meningkatkan hasil panen ttp membutuhan waktu.
  • tunggu hasil penanaman yang ke 2 – 3 hasilnya akan luar biasa jika masih memakai pola organik ini. karena merusak itu cepat tetapi memperbaikinya sulit. itulah kehidupan baik manusia,hewan maupun tumbuhan.

Komentar

Komentar

Kategori: PertanianTag:
author
DOI HCS (DUTA ORGANIK INDONESIA) HCS
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Cara Tanam Padi Organik HCS"