Cara Tanam Jagung Organik Pola HCS

0 3639

   Mari kita menanam jagung dengan pola organik untuk mendongkrak hasil produksi pertanian kita. Karena pola tanam menggunakan pupuk dan pengendali hama kimia dapat menurunkan kualitas & kuantitas produksi jagung serta merusak kesehatan lahan pertanian itu sendiri.

Solusi terbaru untuk budidaya jagung adalah menggunakan teknologi pertanian yang ramah lingkungan, selain meningkatkan hasil panen juga memperbaiki kondisi tanah pertanian yang semakin rusak.

Jagung Pak Barokah Mitra HCS Lampung

Jagung Pak Barokah Mitra HCS Lampung

Cara Budidaya Jagung Organik Pola HCS

Seperti yang telah kita ketahui secara umum, jagung merupakan tanaman pangan yang banyak dibudidayakan namun belum mampu mencukupi permintaan dalam negeri. Cara budidaya jagung organik tergolong tidak sulit dan mulai banyak petani yang sudah mengembangkan pembudidayaan jagung dengan sistem organik. Sebagai tanaman serealia, jagung tetap menjadi komoditi utama setelah padi. Jagung juga merupakan sumber pangan yang penting dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi sehingga sangat menjanjikan, bagi anda yang ingin mulai menjajal bisnis di bidang budidaya jagung organik. Silahkan simak uraian di bawah ini:

Cara budidaya jagung organik yang perlu anda ketahui antara lain

1. Tahap pengolahan tanah

Disini terlebih dahulu anda menentukan tanah yang akan anda jadikan lahan pertanian jagung. Tanah yang anda pilih sebaiknya tidak tergenang air namun memiliki kadar air yang cukup. Iklim untuk budidaya jagung yaitu dengan curah hujan yang cukup namun tidak terlalu tinggi, sedangkan pH tanah berkisar antara 5-7 dengan suhu lingkungan yang sejuk dan cukup sinar matahari. Pada tahap budidaya jagung ini, anda dapat melakukan olah tanah terlebih dahulu penggemburan tanah dengan cangkul atau bajak. Pastikan pH tanah netral dan bebas dari gulma pengganggu. Selanjutnya anda dapat membuat bedengan dan parit untuk saluran air. Anda dapat membuat tugal untuk tempat benih dan jarak antar tugal tergantung varietas benih jagung yang anda gunakan.

2. Pemilihan benih

Cara budidaya jagung selanjutnya adalah memilih benih memegang peranan penting karena mempengaruhi kualitas hasil produksi. Pilih tongkol jagung yang tua, besar, panjang dengan biji barisan depan yang baik, dan tongkol mempunyai rambut yang banyak. Atau anda dapat beli varietas jagung unggul yang sesuai dengan kondisi dan iklim daerah anda, banyak di jual di toko benih pertanian.

3. Penanaman jagung

Cara budidaya jagung pada lahan terdapat 2 tipe, yaitu monokultura dan multikultur. Pada tipe monokultur anda hanya dapat menanam satu macam tanaman saja yaitu jagung, sedangkan pada tipe multikultur anda dapat menggunakan lahan persawahan. Penanaman yang baik biasanya pada awal musim hujan karena terdapat curah hujan yang cukup. Jarak antar biji tergantung varietas yang anda gunakan dan jumlah biji per tugal tergantung waktu panen yang anda kehendaki. Tugal tanah sedalam 3-5 cm kemudian tanam biji jagung ke dalamnya.

4. Pemeliharaan tanaman jagung

Budidaya jagung meliputi pemeliharaan agar menghasilkan jagung organik yang berkualitas. Penyiraman dilakukan dengan penyaluran air diantara bedengan tanaman jagung. Penyiraman dilakukan setiap hari terutama pada saat pembentukan tongkol dan bunga. Namun perlu anda ingat jangan menyiram saat tanah basah karena hal ini menyebabkan tanaman jagung anda justru membusuk. Selain penyiraman anda dapat rutin melakukan penyiangan, untuk menghindarkan tanaman jagung anda dari gulma dan tanaman pengganggu lainnya. Pembubunan dilakukan dengan membuat gundukan tanah di sekeliling tanaman jagung. Hal ini bertujuan untuk memperkuat batang dan supaya tidak mudah rebah.Watch Full Movie Online Streaming Online and Download

5. Pemupukan

Pemupukan mutlak diperlukan bagi tanaman jagung anda. Pemupukan lanjutan menggunakan pupuk cair organik SOT HCS  dengan di tambah Mikroba kultur/pupuk cair buatan sendiri.Aplikasi semprot tanaman dapat anda lakukan dengan interval 7 hari sekali saat tanaman mulai berumur 1 minggu. Penggunaan pupuk padat ( bokashi ) tidak diperlukan lagi, ini karena kecukupan unsur hara makro dan mikro dari bahan-bahan organik dapat bertahan hingga satu tahun.

6. Pengendalian hama dan penyakit

Tanaman jagung anda mungkin dapat terserang hama seperti ulat, tikus ataupun tanaman pengganggu lainnya. Anda dapat mencegahnya dengan rutin melakukan pemeliharaan. Penyakit yang menyerang tanaman jagung anda dapat diatasi dengan menggunakan pestisida , fungisida organik PHEPOC HCS dengan di tambah Pestisida Kultur/pestisida Organik buatan sendiri dengan dosis yang tepat.

7. Pemanenan

Pemanenan jagung tergantung pada tujuan penggunaan, misal untuk sayur, diambil bijinya atau untuk direbus dan dibakar dapat di panen jagung saat mengkal. Panenan jagung kering untuk industri pakan ternak dilakukan setelah jagung berumur 80-90 hari.

Komentar

Komentar

Kategori: PertanianTag:
author
DOI HCS (DUTA ORGANIK INDONESIA) HCS
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Cara Tanam Jagung Organik Pola HCS"