Cara Mudah Budidaya Maggot Untuk Pakan Ikan

0 5756

Maggot adalah larva serangga Black Soldier Fly (Hermentia illucens, Stratiomydae, Diptera), keberadaanya dapat ditemui hampir diseluruh dunia dengan ukuran larva ±2 Cm.

Maggot memiliki banyak kelebihan diantaranya :

  1. dapat mereduksi sampah organik (dewetering),
  2. dapat hidup dalam toleransi pH yang cukup luas
  3. tidak membawa atau agent penyakit,
  4. mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi (40-50%),
  5. masa hidup cukup lama (± 4 minggu) dan untuk mendapatkanya tidak memerlukan teknologi tinggi, sehingga sangat cocok diterapkan di lapangan, terutama pada daerah sentra perikanan untuk menekan biaya produksi.

Black Soldier Fly (Hermentia illucens) adalah serangga yang hidup dipepohonan yang berbunga. Sari bunga (madu) merupakan makanan utamanya. Siklus hidupnya selalu melakukan metamorfosa seperti kupu-kupu buy viagra no prescription. Black soldier yang sudah dewasa akan kawin dan selanjutnya akan meletakkan telurnya pada media yang memungkinan sebagai makanan bagi larvanya. Dalam waktu 2-4 hari telur akan menetas menjadi maggot kecil, selanjutnya akan bertambah besar sampai 2 cm pada umur 4 minggu.

Seiring dengan meningkatnya harga pakan komersial akibat tigginya harga tepung ikan membuat biaya produksi ikan semakin meningkat, karena 60-80% biaya produksi berasal dari pakan. Sehingga untuk menurunkan biaya produksi dari pakan, perlu dicarikan bahan alternatif yang dapat digunakan sebagai pakan. Salah satu bahan alternatif tersebut adalah larva serangga bunga dari spesies Hermetia illucens (larva Black Soldier Fly, disebut maggot), yang diproduksi melalui proses ”Biokonversi”. Biokonversi adalah sebuah proses untuk mengubah bentuk dari produk yang kurang bernilai menjadi produk bernilai menggunakan agen biologi (makhluk hidup; serangga Black Soldier Fly, BSF). Dipilihnya Maggot sebagai bahan pakan alternative karena memiliki nilai gizi yang cukup baik dengan kadar protein 40-50%, serta mudah dibudidayakan secara massal.

Alat dan bahan lain yang diperlukan :

  • Ember/drum sesuai
  • Ampas tahu / kedelai 50 kg ( bungkil kelapa sawit)
  • Tepung ikan /Ikan curah/asin 10 kg
  • Kotoran ayam 30 kg ( yang sudah pakai SOC )
  • Probiotik HCS SOC 10 tutup

Cara Pembuatan

  1. Masukkan ampas tahu sebagai bahan utama kedalam ember,
  2. lalu tambahkan air bersih 2 : 1 dan aduk hingga rata,
  3. Tambah SOC HCS  10 tutup
  4. Kemudian tambahkan Tepung Ikan dan kotoran ayam,
  5. alu tutup permukaannya dengan daun pisang kering agar lalat black soldier fly mau bertelur.
  6. Tempatkan ember ditempat teduh dan terlindung dari air hujan Setelah kira-kira 2-3 minggu atau bisa saja kurang dari itu, Manggot sudah siap dipanen.

Cara Pemanenan manggot campurkan air pada media kultur, lalu saring untuk memisahkan media kultur dari manggot. kemudian manggot siap diberikan sebagai pakan lele.
Untuk bahan baku media kultur sebanyak 100 kg kira-kira akan dihasilkan manggot 60 -70 kg. Perhatian, jangan menyimpan manggot segar terlalu lama karena bisa berubah menjadi lalat. Dalam budidaya lele, maggot akan lebih efektif jika dicampur dengan tepung ikan, dengan perbandingan 1:1. Pertumbuhan ikan lele bisa melambung sampai 2.9% per hari. Pakan maggot memberikan percepatan tumbuh 2.5% tiap harinya, kemudian tepung ikan memberikan percepatan pertumbuhan 2% per harinya.

Demikian telah kami sampaikan artikel bisnis rumahan cara Budidaya Maggot Pakan Ikan Murah.Dengan harapan agar kita bisa menekan biaya produksi ternak ikan kita.

Komentar

Komentar

Kategori: PerikananTag:
author
DOI HCS (DUTA ORGANIK INDONESIA) HCS
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Cara Mudah Budidaya Maggot Untuk Pakan Ikan"